Home » Profil

Profil

Awalnya Fakultas Bisnis & Manajemen merupakan salah satu Program Studi/Prodi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (STIEB) yang diselenggarakan Yayasan Widyatama. Pada bulan Agustus 2001, empat Sekolah Tinggi di lingkungan Yayasan Widyatama bergabung membentuk Universitas Widyatama. Jurusan Manajemen menjadi salah satu program studi pada Fakultas Ekonomi – Universitas Widyatama. Pembentukan Universitas Widyatama berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 137/D/0/2001 tanggal 2 Agustus 2001.

Tahun 2003, Prodi Manajemen dikembangkan menjadi Fakultas Bisnis dan Manajemen berdasarkan surat keputusan SENAT Universitas Widyatama No. 001/SK/SENAT/UTAMA/III/2004. Pengembangan ini didasarkan pada pemikiran bahwa sebagai suatu disiplin ilmu, pengetahuan dan practical tools ruang lingkup manajemen begitu luas, aktivitasnya menyangkut dari individu sampai organisasi yang kompleks. Manajemen juga merupakan bidang pengetahuan derivative yang berakar pada berbagai disiplin ilmu, mulai dari ekonomi, sosial, politik, matematika sampai engineering.

Perkembangan dunia bisnis di era globalisasi saat ini sangat cepat, untuk itu diperlukan pengetahuan, gagasan, metode, dan teknik yang lebih praktis dan sesuai dengan perkembangan yang semakin cepat, kompleks serta tidak mudah diprediksi. Keadaan yang demikianlah mendorong Universitas Widyatama (UTama) untuk mengembangkan Prodi Manajemen menjadi Fakultas Bisnis & Manajemen, agar lebih leluasa berkembang.

Saat ini, Fakultas Bisnis & Manajemen mengelola dan memberikan layanan pendidikan untuk Prodi Manajemen S1, serta Prodi Manajemen D3 dengan konsentrasi sesuai kebutuhan dunia usaha dan industri.

Visi:

Menjadi unit pengelola program studi yang menghasilkan sumberdaya manusia yang profesional dalam bidang Manajemen dan Bisnis pada tingkat Ahli Madya dan Sarjana berbasis teknologi informasi, berbudi luhur, serta berwawasan global pada tahun 2022 di Indonesia.

Misi:

  1. Menyelenggarakan program pendidikan bisnis dan manajemen di tingkat sarjana dan ahli madya yang yang berbasis teknologi informasi, berbudi luhur, dan berwawasan global serta adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta diterima di lingkungan global.
  2. Menciptakan lingkungan yang kondusif di Fakultas Bisnis dan Manajemen bagi pelaksanaan kegiatan belajar, mengajar dan penelitian yang efisien dan efektif sehingga dapat menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan professional.
  3. Menciptakan keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis di Fakultas Bisnis dan Manajemen dan universitas dalam rangka membentuk sumber daya manusia yang berbudi luhur.
  4. Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak (baik dalam negeri maupun luar negeri) agar proses pebelajaran selalu mutakhir dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran, penelitian, publikasi dan pengabdian kepada masyarakat agar lulusan dapat diterima di lingkungan global.

Tujuan Fakultas Bisnis dan Manajemen menjamin terselenggaranya seluruh program kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi di setiap program studi yang dikelola sesuai dengan target yang telah ditetapkan, yaitu:

  1. Terselenggaranya program pendidikan bisnis dan manajemen di tingkat sarjana dan ahli madya yang berbasis teknologi informasi, berbudi luhur, dan berwawasan global serta adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta diterima di lingkungan nasional maupun g
  2. Terciptanya lingkungan yang kondusif di Fakultas Bisnis dan Manajemen bagi pelaksanaan kegiatan belajar, mengajar dan penelitian yang efisien dan efektif sehingga dapat menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan professional.
  3. Terciptanya keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis di Fakultas Bisnis dan Manajemen dan universitas dalam rangka membentuk sumber daya manusia yang berbudi luhur.
  4. Terjalinnya kerjasama dengan berbagai pihak (baik dalam negeri maupun luar negeri) agar proses pembelajaran selalu mutakhir dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran, penelitian, publikasi dan pengabdian kepada masyarakat agar lulusan dapat diterima di lingkungan global.

Sasaran Mutu

Pencapaian visi, misi, tujuan, dan sasaran Fakultas Bisnis dan Manajemen memiliki sasaran yang tertuang dalam Surat Keputusan Senat Universitas Nomor: 74/SK/G.02.02/SENAT/UTAMA/VIII/2002. Sasaran tersebut meliputi:

  1. Peningkatan di bidang kualitas kelembagaan, pendidikan dan kemahasiswaan di Fakultas Bisnis dan Manajemen
  2. Peningkatan kompetensi lulusan untuk menghadapi persaingan global
  3. Peningkatan di dalam penggunaan teknologi informasi disetiap kegiatan fakultas
  4. Peningkatan keunggulan Fakultas Bisnis dan Manajemen dalam meningkatkan daya saing lulusan.
  5. Peningkatan Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
  6. Peningkatan Kualitas tenaga kependidikan, dosen, dan mahasiswa serta kerjasama nasional dan internasional
  7. Peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendukung kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi

Strategi Pencapaian

Berdasarkan sasaran yang telah ditetapkan seperti yang diuraikan diatas, Fakultas Bisnis dan Manajemen menetapkan strategi pencapaian menjadi tiga dengan mengacu pada Renstra Fakultas yang dibuat per lima tahun yang meliputi: Strategi Jangka Pendek (2010-2014), Strategi Jangka Menengah (2014-2018), serta Strategi Jangka Panjang (2018-2022). Hal ini dapat dijelaskan secara rinci sebagai berikut:

  1. Strategi jangka pendek (2010-2014)
    Pada tahap ini, dilakukan pemantapan kualitas dan pengembangan sumber daya manusia, infrastruktur sarana prasarana, infratruktur teknologi informasi, serta metode pembelajaran untuk mendukung ketercapaian Fakultas Bisnis dan Manajemen sebagai lembaga pendidikan yang terkemuka di Jawa barat.
  2. Strategi jangka menengah (2014-2018)
    Tahap ini, melakukan peningkatan mutu tata kelola fakultas yang baik, peningkatan produktifitas program kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi khususnya di bidang penelitian dan mutu pendidikan serta kemahasiswaan guna menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing di level Nasional.
  3. Strategi jangka panjang (2018-2022)
    Pada tahap ini, dilakukan pemantapan tahap akhir seluruh program kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi serta seluruh infrastruktur pendukung demi mewujudkan terciptanya internasionalisasi dalam menghadapi persaingan di kancah global.