Pembukaan acara PkM oleh Dekan Fakultas Binis dan Manajemen UTama

FBM Bekerjasama dengan IMWI Sukabumi dalam PKM Evaluasi Kemajuan Usaha Pelaku UMKM Sukabumi Raya

Masyarakat merupakan aspek utama dalam membangun perekonomian Indonesia. Perlu berbagai upaya sehingga dapat mendukung masyarakat dalam membangun perekonomian Indonesia. Salah satu upaya yaitu melalui pembinaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang saat ini banyak digeluti oleh masyarakat.

Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama (UTama) pun turut serta dalam medukung para pelaku UMKM dalam membangun perekonomian salah satunya melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) merupakan program rutin yang dilakukan Fakultas Bisnis dan Manajemen UTama bersama dengan para dosen dan mahasiswanya serta dengan mengoptimalkan kerjasama yang telah dijalin dengan berbagai institusi.

Tepat di awal tahun 2020, yaitu pada hari Kamis tanggal 02 Januari 2020 berlokasi di Sukabumi, Fakultas Bisnis dan Manajemen UTama bekerjasama dengan Institut Manajemen Wiyata Indonesia (IMWI) Sukabumi menyelenggarakan PkM yang bertemakan Evaluasi Kemajuan Usaha Pelaku UMKM Sukabumi Raya. Kegiatan PkM ini merupakan kelanjutan dari kegiatan PkM sebelumnya kepada masyarakat yaitu pelaku UMKM Sukabumi Raya yang telah mengikuti kegiatan PkM sebelumnya pada pertengahan tahun 2019.

Pembukaan acara PkM oleh Dekan Fakultas Binis dan Manajemen UTama
Pembukaan acara PkM oleh Dekan Fakultas Binis dan Manajemen UTama

Dr. H. Deden Sutisna, M.N., S.E., M.Si. selaku Dekan Fakultas Bisnis dan Manajemen UTama, dalam pembukaan acara menyampaikan bahwa kegiatan? PkM ini merupakan kegiatan yang harus digalakan secara rutin oleh para dosen dan mahasiswa sehingga dapat turut membantu masyarakat khususnya dalam membangun perekonomian Indonesia.

Rektor Institut Manajemen Wiyata Indonesia (IMWI) Sukabumi, Dr. Ryan Kurniawan, S.E., M.M., pun memberikan sambutan pada acara tersebut, disampaikan bahwa kegiatan PkM ini perlu ada kolaborasi dan kerjasama antara institusi seperti yang dilakukan Fakultas Bisnis dan Manajemen Utama dan IMWI Sukabumi sehingga kebutuhan masyarakat khususnya pelaku UMKM akan pembinaan dan peningkatan wawasan terkait kewirausaan dapat terus meningkat.

Penyuluhan dan evaluasi kemajuan usaha pelaku UMKM dlam Kegiatan PkM
Penyuluhan dan evaluasi kemajuan usaha pelaku UMKM dlam Kegiatan PkM

 

Kegiatan PkM yang diselenggarakan di Selabintana Sukabumi ini, diikuti oleh 21 pelaku UMKM yang berasal dari Sukabumi raya, dengan berbagai bidang usaha, seperti kuliner, makanan ringan, fashion, craft, dan lain sebagainya. Dengan pembinaan dan penyuluhan yang diberikan oleh sekitar 40 dosen dan mahasiswa? dari Fakultas Bisnis dan Manajemen UTama serta IMWI Sukabumi.

Diharapkan dengan penyelenggarakan? PkM yang rutin ini, dapat meningkatkan pengetahuna dan wawasan para pelaku UMKM sehingga UMKM di Jawa Barat khususnya dan di Indonesia umumnya memiliki daya saing tinggi bukan, tidak hanya regional dan nasional tetapi juga internasional.