Home » Profil

Profil

Awalnya Fakultas Bisnis & Manajemen merupakan salah satu Program Studi/Prodi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (STIEB) yang diselenggarakan Yayasan Widyatama. Pada bulan Agustus 2001, empat Sekolah Tinggi di lingkungan Yayasan Widyatama bergabung membentuk Universitas Widyatama. Jurusan Manajemen menjadi salah satu program studi pada Fakultas Ekonomi – Universitas Widyatama. Pembentukan Universitas Widyatama berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 137/D/0/2001 tanggal 2 Agustus 2001.

Tahun 2003, Prodi Manajemen dikembangkan menjadi Fakultas Bisnis dan Manajemen berdasarkan surat keputusan SENAT Universitas Widyatama No. 001/SK/SENAT/UTAMA/III/2004. Pengembangan ini didasarkan pada pemikiran bahwa sebagai suatu disiplin ilmu, pengetahuan dan practical tools ruang lingkup manajemen begitu luas, aktivitasnya menyangkut dari individu sampai organisasi yang kompleks. Manajemen juga merupakan bidang pengetahuan derivative yang berakar pada berbagai disiplin ilmu, mulai dari ekonomi, sosial, politik, matematika sampai engineering.

Perkembangan dunia bisnis di era globalisasi saat ini sangat cepat, untuk itu diperlukan pengetahuan, gagasan, metode, dan teknik yang lebih praktis dan sesuai dengan perkembangan yang semakin cepat, kompleks serta tidak mudah diprediksi. Keadaan yang demikianlah mendorong Universitas Widyatama (UTama) untuk mengembangkan Prodi Manajemen menjadi Fakultas Bisnis & Manajemen, agar lebih leluasa berkembang.

Saat ini, Fakultas Bisnis & Manajemen mengelola dan memberikan layanan pendidikan untuk Prodi Manajemen S1, serta Prodi Manajemen D3 dengan konsentrasi sesuai kebutuhan dunia usaha dan industri.

Visi:

Menjadikan Fakultas yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang profesional di bidang bisnis dan manajemen dengan kualifikasi Sarjana dan Ahli Madya dan dapat menyesuaikan diri terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dalam lingkungan global.

 

Misi:

  • Menyelenggarakan program pendidikan bisnis dan manajemen, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang menunjang pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
  • Menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat yang efisien dan efektif sehingga dapat menghasilkan lulusan yang kreatif dan inovatif.
  • Mengupayakan keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis dalam rangka pembentukan manusia yang berbudi luhur.
  • Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun di luar negeri agar proses pembelajaran selalu mutakhir.

Sistem Kebijakan Mutu:

  1. Kebijakan Mutu

Selalu berupaya untuk menghasilkan lulusan yang profesional yang memiliki keunggulan dan daya saing dan selalu mengembangkan diri dalam masyarakat global.

Tujuan:

  • Tercapainya hasil penyelenggaraan program pendidikan bisnis dan manajemen, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang menunjang pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
  • Terciptanya lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, dan penelitian yang efisien dan efektif sehingga dapat menghasilkan lulusan yang kreatif dan inovatif.
  • Terwujudnya hasil seluruh kegiatan akademis dalam rangka pembentukan manusia yang berbudi luhur.
  • Menindaklanjuti kerjasama dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun di luar negeri agar proses pembelajaran selalu mutakhir.

Sasaran Mutu

  • 75% lulusan tepat waktu dan prestasi memuaskan
  • Lulusan dipersiapkan memiliki karakter yang baik sebagai entrepreneur (lulusan plus).
  • 75% kemampuan Bahasa Inggris yang baik.
  • 30% mahasiswa memiliki pengalaman global internasional selama Studi di Fakultas Bisnis & Manajemen Widyatama.
  • Sekurang-kurangnya 75% lulusan terampil dan menguasai aplikasi komputer.